KALIMAT INDUKTIF

Pengertian Kalimat Induktif :

Kalimat induktif adalah kalimat yang ditulis dengan format dari umum ke khusus. Kalimat dimulai dengan mengemukakan peristiwa yang bersifat khusus lalu terakhir baru mengemukakakn kesimpulan umum yang merupakan rangkuman dari peristiwa khusus yang dikemukakan sebelumnya. Dengan kata lain bahwa kalimat induktif itu adalah kalimat yang mana kalimat utamanya terletak pada akhir kalimat.

Ciri – ciri Paragraf Induktif :
– Terdiri dari kalimat penjelas dan kalimat umum / kesimpulan.
– Kalimat penjelas terletak sebelum kesimpulan.
– Dimulai dengan mengemukakan peristiwa khusus / kalimat penjelas.
– Diakhiri dengan kesimpulan umum yang terletak di akhir kalimat.

Contoh Kalimat Induktif :

1. Setiap hari Ahong selalu pulang malam. Sekitar jam 23.00. Sangat tak masuk akal jika seorang pelajar pulang malam. Diapun tak pernah belajar. Hidupnya selalu di penuhi dengan gemerlapnya dunia. Tak ada kata susah didalam pikirannya. Maka dari itu sangart wajar sekali jika Ahong tidak naik kelas.
Maka kesimpulan dari kalimat induktif diatas adalah “Maka dari itu sangart wajar sekali jika Ahong tidak naik kelas”.

2. Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Itulah beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional.
Maka kesimpulan dari kalimat induktif diatas adalah “Itulah beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional”.

3. Pada waktu anak didik memasuki pendidikan formal, pendidikan bahasa Indonesia secara metodologis dan sistematis bukanlah merupakan halangan baginya untuk memperluas dan memantapkan bahasa daerah. SEtelah anak didik meninggalkan kelas, ia kembali mempergunakan bahasa daerah dengan teman-temannya atau orang tuanya. ia merasa lebih intim dengan bahasa daerah. jam sekolah hanya berlangsung selama beberapa jam. Baik waktu istirahat ataupun diantara jam-jam pelajaran, unsur-unsur bahasa daerah tetap digunakan. Ditambah lagi jika sekolah itu bersifat homogen dan gurunya penutur  asli bahasa daeah itu. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan pengetahuan si anak terhadap bahasa daerahnya akan tetap maju.
Maka kesimpulan dari kalimat induktif diatas adalah “Faktor-faktor inilah yang menyebabkan pengetahuan si anak terhadap bahasa daerahnya akan tetap maju”.

Sumber :
http://carapedia.com/paragraf_induktif_info696.html
http://kingtiger.blog.com/2010/03/07/paragraf-induktif-dan-deduktif/

Paragraf induktif, deduktif dan campuran


http://dutakita.com/pendidikan/116-paragraf-induktif-pengertian-dan-contoh-contoh-paragraf-induktif

Leave a comment